Belanda, Tanah Bunga

Belanda, Tanah Bunga

Indian Trade Index – Belanda adalah wilayah yang terletak di bagian barat Belanda. Ketika kita mendengar “Holland”, gambar pertama yang muncul di benak Anda adalah kincir angin, keju, kostum nasional atau klederdracht, dan tentu saja – tulip! Tulip Belanda telah menjadi populer di seluruh dunia karena bentuk bulbous yang khas dan varietas warna yang mengejutkan. Mereka umumnya ditanam di kebun, digunakan sebagai tanaman pot atau bunga potong segar yang dijual di toko-toko. Apalagi, tulip merah telah menjadi simbol gairah dan erotisme cinta muda. Tulip putih, di sisi lain, berdiri untuk cinta murni sedangkan yang kuning melambangkan kepedulian terhadap yang dicintai.

Sementara tulip sangat mirip dengan Belanda, bunga-bunga tidak berasal dari provinsi itu. Tulip sebenarnya berasal dari Kekaisaran Ottoman dan baru tiba di Eropa pada akhir 1500-an, diperkenalkan oleh ahli botani Carolus Clusius ke Universitas Leiden di Belanda. Tidak lama kemudian, bunga-bunga itu menjadi hit di Belanda sehingga satu bohlam, yang paling terkenal bernama Sempre Augustus, dijual sebanyak 6.000 florin (pendapatan tahunan rata-rata pada waktu itu hanya 150 florin). Sempre Augustus memang sangat jarang; ia memiliki garis-garis vertikal merah dan putih yang hanya dapat diproduksi oleh virus pada tanaman tulip yang sehat.

Sekitar saat penjualannya – awal abad ke-17 – Belanda menjalani apa yang oleh para sejarawan disebut “Tulip Mania” (kebetulan, ungkapan “tulip mania” telah menjadi metafora gelembung ekonomi besar). Bunga-bunga dijual dengan harga selangit sehingga mereka bahkan digunakan sebagai mata uang untuk diperdagangkan. Namun, pasar akhirnya runtuh, meninggalkan bunga-bunga tidak berharga. Ribuan orang Belanda dibiarkan hancur secara finansial setelah kecelakaan itu, termasuk bangsawan dan pejabat tinggi. Bagi bunga, ini memang sejarah yang sangat menarik.

Baca juga: Cara Memilih Bunga Untuk Hari valentine

Tulip tumbuh paling baik di daerah beriklim sedang, seperti di Belanda. Cuaca sempurna untuk mereka adalah mata air dingin dan musim panas awal. Di Filipina, mereka dapat tumbuh setiap tahun dalam kondisi alami. Cuaca Filipina tidak persis cocok untuk tulip, tetapi beberapa petani memanfaatkan rumah kaca untuk menanam bunga. Dengan cara ini, masalah dengan suhu tinggi dan terkadang kondisi cuaca ekstrem dapat diatasi. Ini bukan tulip Belanda, tetapi jika Anda ingin mendapatkan tulip di sini di Filipina (dan bunga-bunga lain juga, seperti mawar), ada banyak toko bunga yang dapat Anda perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *